jam


Breaking News

Sabtu, 16 Agustus 2014

Kelebihan dan Kelemahan Kamera DSLR

Kelebihan dan Kelemahan Kamera DSLR

Kelebihan dan Kelemahan Kamera DSLR - Siapa yang tidak mengetahui kamera DSLR yang merupakan tipe kamera pilihan para fotografer profesional. Namun demikian, kamera ini bukan lagi hanya digunakan oleh fotografer profesional saja saat ini.

Bagi para pecinta dunia fotografi, menggunakan kamera digital SLR ini merupakan pilihan yang terbaik. Beberapa dari mereka memberikan alasan bahwa kamera ini dapat memberikan hasil yang sangat memuaskan dalam kualitas gambar yang dihasilkan. Selain itu, bagi mereka yang ingin serius menekuni dunia fotografi namun masih tergolong pemula dapat sekaligus belajar langsung menggunakan peralatan kamera yang sama digunakan oleh fotografer profesional ini.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kamera DSLR yang sering dikatakan oleh penggunanya adalah kemudahan dalam penggunaan dan kelengkapan fitur yang dimilikinya. Selain itu, jika kita adalah pengguna kamera jenis ini, kita bisa melakukan beberapa peningkatan pada kamera kita jika memang dirasa sudah kurang memberikan hasil yang maksimal.

Adapun lensa adalah salah satu hal yang sering ditingkatkan dalam penggunaan kamera digital jenis SLR ini. Lensa merupakan hal utama yang paling penting jika kita ingin mendapatkan hasil gambar yang lebih baik. Beberapa orang pengguna kamera digital SLR juga sangat menyukai kemudahan dalam mengedit hasil pengambilan gambar dengan menggunakan fitur yang ada di dalam kamera, sehingga hal ini akan menghemat waktu kita karena kita bisa mengedit gambar tanpa perlu menggunakan komputer. Namun demikian, pilihan untuk pengeditan gambar masih dirasakan kurang memadai untuk tingkat profesional.


Kelebihan/keunggulan Kamera DSLR


1. Lebih Fleksibilitas 

Keuntungan yang paling penting dari DSLR adalah fleksibilitas untuk pertukaran berbagai jenis lensa. Ada lebih dari berbagai macam lensa tersedia yang dapat digunakan dengan kamera digital SLR. Mereka semua fungsi juga lebih yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan foto yang luar biasa. Jika Anda ingin menangkap landscape gunung, kemudian pilih lensa ultra wide. Demikian pula, jika Anda ingin fokus pada subjek dan pada saat yang sama mengabaikan latar belakang, Anda harus memilih lensa tele. Misalkan Anda perlu fokus pada objek kecil, maka lensa makro adalah yang ideal. Juga mencatat ada banyak jenis lensa untuk DSLR selain lensa yang telah disebutkan.

2. Kualitas Gambar Lebih Baik

Anda yakin akan kualitas gambar lebih baik ketika menggunakan kamera digital single-lens refleks. Bila dibandingkan dengan kamera digital, DSLR akan menghasilkan gambar yang lebih baik bahkan jika keduanya memiliki jumlah yang sama mega-pixel nya. Ini lebih jelas dengan kamera DSLR memiliki kepekaan cahaya yang lebih tinggi.

3. Kinerja Yang Lebih Baik

Dibandingkan dengan camdig biasa, kamera DSLR memiliki kinerja lebih baik dalam hal autofocus cepat, penundaan rana yang lebih pendek, kapasitas memori lebih besar dan respons yang cepat saat syuting berkesinambungan. Selain itu, kamera digital SLR memiliki fungsi lebih dari titik dan menembak kamera. Sebagai contoh, sebagian dari tombol-tombol yang mudah dioperasikan dengan menggunakan jempol dan telunjuk. Jangan bingung karena banyak tombol yang tersedia di DSLR karena yang paling penting mudah ditekan bukan akses menu.

3. Gampang Upgradable

DSLR ini dapat digunakan selama bertahun-tahun tanpa mendapatkan ketinggalan jaman karena dapat dengan mudah diupgrade. Banyak aksesori yang tersedia untuk upgrade di toko kamera banyak secara lokal dan luar negeri. Ada banyak aksesoris kilatan yang sangat kuat, dapat diandalkan dan mudah dioperasikan, pemancar nirkabel dan perangkat remote untuk memicu Anda untuk mengambil ekspedisi fotografi ke tingkat yang berbeda.

Kelemahan/kekurangan Kamera DSLR

Tidak lengkap rasanya jika kita hanya membicarakan kelebihan dari kamera profesional ini karena memang setiap hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. 
  • Beberapa kekurangan yang sering dirasakan oleh pengguna kamera ini adalah harganya yang terbilang relatif mahal jika pengguna masih tergolong di dalam kelas pemula di dunia fotografi. Untuk asesoris tambahan pun kita perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit jumlahnya seperti membeli lensa baru yang memiliki kualitas lebih baik. Jadi disarankan bagi kita yang membeli kamera ini harus benar-benar serius dalam menekuni atau belajar menghasilkan gambar berkualitas karena melihat cukup mahalnya harga yang harus kita bayar untuk memiliki sebuah entry level dari kamera DSLR.
  • Anda harus tahu kelemahan atau keterbatasan kamera DSLR. Seperti yang Anda sudah tahu, DSLR lebih besar dan lebih berat dari camdig biasa atau pocket. dan orang yang baru untuk fotografi akan merasa sulit untuk mengoperasikan DSLR langsung. Dia harus mendapatkan dibiasakan atau praktek menggunakan operasi berbagai DSLR.
  • Selain itu, orang akan merasa sulit untuk mengubah lensa atau terus mengoperasikan banyak tombol. Akhirnya, investasi pada kamera DSLR yang mahal, dengan demikian memiliki DSLR diluar jangkauan bagi banyak orang. Setelah membaca artikel ini, Anda akan tahu apa keuntungan dari kerugian dari kamera digital SLR. Pada poin ini, Anda dapat memutuskan  kamera yang yang benar untuk Anda.
  • Jika Anda mampu dengan SLR digital, kepuasan Anda dijamin sambil mengasah keterampilan fotografi Anda. untuk itu juga merupakan cara yang baik untuk mempertajam keterampilan fotografi Anda.

Sumber : http://pheebles.blogspot.com/2014/01/kelebihan-dan-kelemahan-kamera-dslr.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By VungTauZ.Com